Buah gayam merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Buah Gayam juga merupakan jenis buah yang langka yang sudah sangat sulit untuk dicari dan juga sulit untuk ditemukan. Meskipun tergolong sebagai buah yang langka namun pada kenyataannya buah gaya memiliki segudang manfaat untuk anda.

Ciri dari buah Gayam ini memiliki ukuran yang kecil dengan kulit buah yang berwarna hijau ketika buah masih mentah, sedangkan buah Gayam yang sudah matang kulitnya akan berwarna kuning ataupun sedikit coklat. Buah Gayam memiliki berbagai macam manfaat karena di dalam buah Gayam terdapat berbagai macam nutrisi seperti tanin, serat, vitamin C, saponin, flavonoid, dan kandungan-kandungan lainnya yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh anda. Beberapa manfaat buah gayam :



1.   Membersihkan kotoran pada usus
Usus adalah organ pencernaan yang paling berpotensi terkena sisa makanan maupun kotoran. Dengan mengonsumsi buah ini, maka usus Anda akan lebih bersih.
2.   Membantu tubuh menyerap nutrisi makanan
Manfaat gayam yang juga tidak kalah hebatnya yaitu membantu tubuh untuk menyerap nutrisi makanan yang Anda konsumsi dengan lebih baik. Sehingga Anda tidak sia-sia membuang gizi makanan yang Anda makan.
3.   Obat diare
Khasiat gayam juga bisa dijadikan obat herbal. Salah satunya obat herbal untuk mengatasi diare. Diare adalah penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke organ pencernaan. Gizi pada buah ini mampu mengusir bakteri yang memicu penyakit diare.
4.   Anti oksidan 
Manfaat gayam sebagai anti oksidan dapat melindungi Anda dari efek berbahaya akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas yang berbahaya dapat memicu penyakit kanker. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda juga bisa terhindar dari penyakit kanker.


Bahan Bahan Yang Diperlukan :
  1. 1 KG Tepung Terigu
  2. 4 Butir Telur
  3. 5sd Makan Garam 
  4. 4sd Makan Masako 
  5. 8 Siung Bawang Putih
  6. 10 Biji Buah Gayam
Cara pembuatan :
  1. Kupas buah gayam, kemudian rendam buah gayam kedalam air yang bergaram.
  2. Haluskan bawang putih.
  3. Parutlah buah gayam tersebut, kemudian campurkan bawang putih yang sudah halus dan ditambahkan garam secukupnya.
  4. Kemudian peras buah gayam tersebut dan disaring agar terpisah antara ampas dan sari gayam.
  5. Buatlah adonan tepung yang dicampur dengan telur, masako, tambahkan air dari perasan gayam secukupnya, jadi dalam pembuatan adonan ini tidak menggunakan air biasa.Hasil adonan dikepal-kepal supaya teksturnya semakin lembut.
  6. Hasil adonan dikepal-kepal supaya teksturnya semakin lembut dan tidak mudah putus.
  7. Setelah itu di giling menggunakan alat penggilingan hingga tipis sesuai selera.
  8. Kemudian giling lagi pada gilingan mie atau bisa menggunakan pisau diiris sesua dengan selera.
  9. Setelah jadi  mie, direbus dalam air yang sudah mendidih.
  10. Tiriskan mie kemudian goreng atau rebus kembali dan tambahkan bumbu sesuai selera.
  11. Pasta gayam siap disajikan 😁