KEGIATAN PEREKONOMIAN DESA KARANG ENTANG

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang hampir dilakukan seluruh manusia yang berperadaban di seluruh bagian dunia ini. Kegiatan ekonomi bukanlah hanya mainan segelintir kalangan elit ataupun monopoli suatu negara saja melainkan ini merupakan kegiatan yang tanpa sadar, tanpa sengaja telah dilakukan oleh setiap manusia.

Ekonomi pemberdayaan manusia/kerakyatan pedesaan merupakan salah satu contoh dari ekonomi mikro yang dalam pelaksanaannya menggunakan prinsip-prinsip ekonomi mikro. Ekonomi pedesaan masih menjunjung tinggi dan menghormati asas-asas persaudaraan dalam berkegiatan ekonomi. Yang kemudian kegiatan ini menjadi sumber pencarian utama masyarakat desa ataupun sekedar hanya menambah pendapatan keluarga. Dengan semakin tinggi pendapatan dan kebererdayaan masyarakat desa dalam bidang ekonomi maka pembangun desa maupun pembangunan negara akan lebih mudah tercapai.


Perekonomian masyarakat desa Karang Entang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani yang jumlahnya lebih dari 90%. Sedangkan sisanya bermatapencaharian sebagai pedagang dan juga tenaga pengajar atau pendidik. Dalam sehari, penduduk  Karang Entang kurang lebih memperoleh penghasilan rata-rata Rp 25.000,00. Industri rumah tangga yang terdapat di desa ini adalah industri makanan ringan keripik gayam yang terletak di dusun Cangkreng. Karena dusun Cangkreng merupakan satu-satunya dusun dari keempat dusun di desa ini yang memiliki penghasilan buah gayam dibanding dengan ketiga dusun lainnya. Untuk pasar belum ada di desa ini sehingga apabila masyarakat membutuhkan keperluan sehari-hari, mereka biasa mendapatkannnya di pasar keliling dan warung-warung atau langsung bisa menuju ke pasar umum yang terleatak di Kecamatan Kwanyar.

Aktivitas pertanian dan perkebunan dilakukan secara tradisonal dengan komoditas padi, gayam, jagung, dan singkong. Namun, hal itu berbeda dengan sistem pengairannya. Di desa ini, para petani sudah mulai menggunakan diesel sebagai alat untuk mendapatkan sumber airnya. Selain itu, sistem peternakan juga terdapat di desa Karang Entang. Maksud dari sistem peternakan tersebut yaitu sebagian penduduk selain sebagai petani juga ada yang menjadi pencari rumput untuk diperjualbelikan kepada para peternak.


0 Komentar