Desa Karang Entang



Karang Entang merupakan salah satu desa yang terletak di selatan pulau Madura, tepatnya berada di Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. Karang Entang memiliki empat dusun, yakni Dusun Karang Entang, Dusun Cangkreng, Dusun Duko Anyar dan Dusun Sumur Jenjeng. Desa ini bisa dikatakan daerah dengan lokasi yang cukup akan air bahkan bisa dikatakan lebih.

Perbatasan Desa Karang Entang :
  1. Desa Paorang di sebelah barat, berbatasan dengan Dusun Duko
  2. Desa Pandanan di sebelah timur, Dusun Bujur
  3. Desa Pesanggrahan di sebelah selatan, Dusun Paoran Barat
  4. Desa Paoran di sebelah utara


Hal ini dikarenakan letak geografis Desa Karang Entang yang berada pada dataran rendah dan sumber air yang hanya beberapa meter saja dari permukaan tanah. Berbeda dengan desa-desa tetangga yang sangat susah hanya untuk mendapatkan air, bahkan harus membeli untuk mendapatkan air. Dengan banyaknya air yang bisa didapatkan di Desa Karang Entang, tidak heraan jika desa ini merupakan tempat yang cocok untuk ditanami beberapa tanaman seperti pohon gayam, pohon pepaya, pohon mangga ataupun bercocok tanam padi.

Desa Karang Entang memiliki jumlah penduduk sekitar +-1870 jiwa. Dengan rincian: dusun cangkreng yang terbagi menjadi dua yaitu cakring barat dan cangkring sebanyak +-125 jiwa; dusun karang entang sebanyak +-657 jiwa; dudun sumur jenjeng sebanyak +-958 jiwa; dan dusun duko anyar sebanyak+- 120 jiwa. 

Pada umumnya mata pencaharian warga desa Karang Entang ialah sebagai petani. Sesuai dengan kondisi pada desa Karang Entang yang merupakan daerah dengan kapsitas air yang melimpah. Namun tak sedikit pula masyarakat desa yang lebih memilih untuk merantau keluar kota. Dengan melimpahnya jumlah air yang ada, desa Karang Entang merupakan wilayah yang sangat cocok untuk di jadikan tempat bercocok tanam.